Menu Olahan Daging Kambing yang Banyak Ditemukan di Indonesia

aqiqah

Apa yang terpikirkan ketika mendengar atau melihat olahan daging kambing? Bau prengus dan dagingnya alot? Jangan salah, jika cara pengolahan daging kambing ini benar. Daging kambing bisa menjadi olahan yang nikmat dan lezat untuk disantap. Olahan daging kambing ini bisa digunakan sebagai lauk makan siang atau makan malam. Untuk daging kambing ini mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. 100 gram daging kambing terdapat 150 kalori, 27 gram protein dan 15 gram lemak. Selain itu juga terdapat kandungan kalium, vitamin B12, magnesium, selenium, zat besi dan omega-3. Nutrisi-nutrisi diatas dapat membantu memelihara massa otot, mencegah anemia, serta mengelola tekanan darah.

11 Menu Olahan Nikmat dari Daging Kambing

Olahan daging kambing tidak hanya bisa dijumpai ketika perayaan Idul Adha saja. Namun juga bisa ditemukan sehari-hari dan ketika merayakan ibadah aqiqah. Nah berikut ini ada beberapa menu olahan nikmat yang dibuat dari daging kambing. Anda perlu mencoba merasakan kenikmatannya ini.

  1. Sate

Merupakan salah satu olahan dari daging yang sangat mendunia. Salah satu sate yang tidak kalah nikmat adalah sate kambing. Daging kambing dipotong dadu, diberikan bumbu dan dibakar diatas bara api. Bau harum yang menguar dari daging kambing dan bumbu membuat siapa saja menelan ludah karena tergiur. Biasanya sate kambing ini disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap. Banyak orang dewasa memesan sate kambing untuk makan siang atau makan malam. Ditambah nasi hangat dan lalapan membuat sate kambing menjadi makanan ternikmat yang ada.

  1. Tongseng

Masakan ini terinspirasi dari masakan Timur Tengah. Tongseng di yakini dari Kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengah dan menyebar ke seluruh nusantara. Ciri khas dari olahan daging kambing yang satu ini adalah kuah dengan kecap manis. Lezatnya kecap manis memiliki peranan cukup penting dalam menentukan tongseng supaya menjadi lezat dan nikmat. Menu daging kambing ini diolah dengan menggunakan lada, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jahe, daun salam, dan serai. Sebagai pelengkap, ada kubis dan tomat hijau, membuat tongseng sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

  1. Gorengan Kambing

Untuk menu gorengan kambing ini khas dari Betawi. Jangan salah kira bahwa olahan ini dimasak dengan menggunakan tepung dan digoreng. Tetapi gorengan tepung ini adalah olahan daging berkuah dengan bumbu medok. Jika dilihat sekilas, olahan daging kambing ini mirip dengan gulai tetapi dengan warna lebih merah. Gorengan kambing direbus harus ditumis terlebih dahulu menggunakan berbagai bumbu dan rempah. Ini dimaksudkan supaya bumbu-bumbu bisa meresap ke dalam daging kambing. Hidangan satu ini bisa dikatakan sudah langka di Jakarta.

  1. Petis Kambing

Juga disebut Petis runting adalah masakan daging kambing yang asalnya dari Pati, Jawa Tengah. Dari segi tampilan memang sedikit mirip dengan gulai, namun warnanya lebih pekat. Untuk cara pengolahan petis kambing ini pun bisa dikatakan mirip dengan gulai. Yang mana daging kambing diolah menggunakan bumbu gulai dengan beberapa tambahan. Misalnya tepung beras dan gula jawa. Biasanya petis kambing ini disantap dengan sate kambing.

  1. Gulai

Olahan yang satu ini merupakan teman sate dan tongseng. Jika sate dibuat dari daging kambing. Maka sisa jeroan dan bagian lainnya. Nah pada bagian itulah yang diolah menjadi gulai. Tetapi banyak juga gulai yang dibuat dari daging kambing. Untuk air rebusan gulai ini pun banyak digunakan untuk dijadikan tongseng. Cara membuatnya adalah dengan menggunakan air lebih banyak dibandingkan dengan tongseng. Supaya aromanya menjadi lebih wangi ditambahkan daun jeruk, daun kunyit dan salam. Selain itu ditambahkan santan untuk membuat kuah menjadi lebih kental.

  1. Tengkleng

Kemudian ada lagi olahan daging kambing yang bisa dikatakan tidak memiliki pakem khusus pada bagian mana untuk membuat masakan ini. Ya, tengkleng. Tengkleng ini bisa dibuat dari tulang, lidah, bagian kepala, serta jeroan kambing. Dari segi tampilan memang mirip dengan gulai. Namun tengkleng tidak ditambahkan banyak santan, bahkan bisa juga tidak menggunakan santan. Dari segi rasa tentunya lebih ringan dan segar dari gulai. Lebih mirip seperti sayur sop, namun terbuat dari daging kambing.

  1. Semur Daging Kambing

Apabila Anda termasuk orang yang suka olahan daging kambing tetapi tidak menyukai aroma menyengat. Maka semur daging kambing ini bisa menjadi alternatif. Hal ini karena dalam mengolah semur daging kambing menggunakan berbagai macam bumbu dan rempah. Diantaranya ada daun salam, pala, cengkeh, kayu manis, sampai kecap yang melimpah untuk menyamarkan aroma pregus daging kambing. Untuk proses memasak semur daging kambing ini pun cukup lama. Jadi bisa menghasilkan daging kambing empuk dan lembut. Cocok disantap untuk makan siang.

  1. Iga Kambing Bakar Madu

Siapa bilang jika iga bakar hanya bisa dibuat dari iga sapi saja? Buktinya iga bakar kambing juga tidak kalah nikmat dan pastinya menggugah selera. Ditambah dengan olesan madu, membuat iga kambing bakar menjadi pengganti sate yang juga tidak kalah lezat. Untuk mendapatkan daging kambing yang lebih empuk, maka bisa direbus terlebih dahulu. Selain membuat empuk, bumbu dan remah bisa lebih meresap ke dalam daging kambing. Jadi nantinya iga kambing bakar madu ini jadi lebih gurih sampai ke dalam-dalamnya.

  1. Rica-Rica Kambing

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan makanan pedas. Maka rica-rica daging kambing satu ini bisa cocok untuk Anda. Rica-rica kambing ini memiliki daging lembut dan bumbu pedas, cocok untuk lauk makan siang. Untuk membuat rica-rica ini dari bawang, cabe rawit, kunyit, dan jahe. Kemudian ditambahkan potongan daging kambing dan dimasak sampai empuk. Supaya aroma menjadi lebih mantap, bisa ditambahkan daun jeruk dan serai yang sudah diememarkan ke dalam olahan rica-rica.

  1. Tumis Kambing Kecap

Menu makanan yang satu ini juga bisa menjadi salah satu olahan daging kambing simpel. Sesuai namanya, tumis kambing ini dibuat dari potongan daging kambing dengan bawang dan cabai rawit. Semua bahan tersebut ditumis sampai harum dan ditambahkan kecap, lalu dimasak sampai daging kambing menjadi empuk. Untuk menambah aroma bisa ditambahkan daun jeruk, serai, dan lengkuas. Supaya tumis kambing kecap semakin mantap, bisa ditambah taburan daun bawang dan bawang goreng.

  1. Rendang

Pasti banyak yang bertanya-tanya apakah rendang dari kambing bisa benar-benar nikmat seperti daging sapi. Tapi nyatanya, rendang kambing juga tidak kalah nikmat dari rendang sapi. Supaya daging kambing menjadi lebih empuk dan nikmat, daging kambing terlebih dahulu direbus lama. Kemudian dibumbui dengan rempah rendang pada umumnya untuk menghasilkan rendang nikmat dan lezat. Anda bisa membuat rendang basah atau rendang kering yang bisa dinikmati untuk waktu lama.

Nah itulah beberapa olahan dari daging kambing yang bisa menjadi pilihan untuk waktu makan siang atau makan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *